Tugas dan Fungsi Bidang Penelitian dan Pengembangan Ekonomi dan Pembangunan

Bidang Litbang Ekonomi dan Pembangunan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan koordinasi, fasilitasi perumusan dan pelaksanaan kebijakan, evaluasi serta pelaporan pelaksanaan penelitian, pengkajian dan pengembangan Daerah di bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Tugas dan Fungsi Bidang Litbang Ekonomi dan Pembangunan:

  1. Penyiapan penyusunan kebijakan teknis, program, dan anggaran penelitian dan pengembangan di bidang ekonomi dan pembangunan
  2. Pelaksanaan penelitian, pengkajian dan pengembangan serta perumusan rekomendasi kebijakan di bidang ekonomi dan pembangunan
  3. Penyusunan daftar inventarisasi masalah, verifikasi, data dan informasi dalam rangkla publikasi dan sosialisasi
  4. Pelaksanaan koordinasi program, evaluasi dan laporan pelaksanaan kegiatan penelitian, pengkajian dan pengembangan di bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Sub Bidang Ekonomi mempunyai tugas melakukan pengumpulan data, identifikasi, analisis, penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, evaluasi serta pelaporan pelaksanaan penelitian, pengkajian dan pengembangan di bidang Ekonomi dan Pembangunan meliputi aspek Penanaman Modal, Kooperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian, Perdagangan, dan BUMD.

Sub Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup mempunyai tugas melakukan pengumpulan data, identifikasi, analisis, penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, evaluasi serta pelaporan pelaksanaan penelitian, pengkajian dan pengembangan di bidang Ekonomi dan Pembangunan meliputi aspek pangan, pertanian, kelautan dan perikanan, energi dan sumber daya mineral, lingkungan hidup, kehutanan dan Perkebunan.

Sub Bidang Pengembangan Wilayah dan Prasarana mempunyai tugas melakukan pengumpulan data, identifikasi, analisis, penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, evaluasi serta pelaporan pelaksanaan penelitian, pengkajian dan pengembangan di bidang Ekonomi dan Pembangunan meliputi aspek pekerjaan umum, perhubungan, perumahan dan kawasan permukiman, penataan ruang dan pertanahan, serta komunikasi dan informatika.