Modernisasi Jaringat Internet, Pemkab Bangun Fiber Optik

Kamis, 25 Januari 2018 | 10:26:04 WIB | Dibaca: 647 Kali


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanjung Jabung Timur Herman Toni bersama GM PT Telkom Indonesia Cabang Jambi

MUARASABAK- Guna meningkatkan kualitas layanan jaringan internet, dalam rangka mewujudkan pelayanan komunikasi dan informatika yang berbasis teknologi yang berkualitas, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika pada tahun anggaran 2017 lalu telah membangun jaringan Fiber Optik (FO). 

Bupati Tanjung Jabung Timur melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Hermantoni, mengungkapkan, dibangunnya FO diharapkan dapat mempermudah dan meningkatkan efisiensi penggunaan jaringan internet guna melayani kebutuhan layanan internet untuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

‘’Dengan adanya FO ini, seluruh aplikasi bisa terintegrasi dan terpusat,’’ ungkapnya.

Akan tetapi, dari 32 OPD dan 11 kecamatan yang ada saat ini, baru 29 OPD yang telah terbangun FO. Sementara, tiga OPD yang belum terbangun FO diantaranya Perangkat Daerah, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah serta 11 Kecamatan masih menggunakan radio.

‘’Lokasinya cukup jauh dari jaringan fiber optik yang ada. Jadi, saat ini kita masih optimalkan penggunaan radio,’’ ujarnya.

Selain itu, Pemkab akan bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia Cabang Jambi dalam penyediaan bandwith internet sebesar 100 Mbps pada tahun 2018 ini. Kerjasama ini merupakan lanjutan dari tahun lalu serta dalam mewujudkan komitmen PT. Telkom untuk membangun infrastruktur broadband di seluruh Indonesia guna mempercepat terbentuknya masyarakat digital Indonesia.

‘’Ya, kita sudah membahas tindaklanjut kerjasama ini dengan General Maneger PT Telkom Indonesia Cabang Jambi Bapak Evi Antonius. Dan insyallah, bandwith tersebut akan segera bisa kita optimalkan,’’ bebernya.

Selain membahas tentang penyediaan bandwith, jelas Toni, pada pertemuan tersebut juga dibahas tentang pengembangan E-Government dan layanan internet bagi masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur. (v3nd)

Komentar Facebook